Pengertian
Pasar pada Umumnya
kita mendapat
gambaran tentang keadaan pasar dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih mengerti tentang pengertian pasar, kita
dapat memperhatikan pasar yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Pasar secara sederhana merupakan tempat pertemuan
antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa.
Adapun pasar menurut kajian Ilmu Ekonomi memiliki pengertian; pasar adalah
suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran
(penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan
harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses
yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang
disepakati antara pembeli dan penjual.
Dalam kehidupan
sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang
(barang konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
1.
Menurut
segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya:
a.
pasar
tradisional
b.
pasar
raya
c. pasar abstrak
d. pasar
konkrit
e. toko
swalayan
f. toko
serba ada, dll
2.
Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar
dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya:
a.
pasar
ikan
b.
pasar
sayuran
c.
pasar
buah-buahan
d.
pasar
barang elektronik
e.
pasar
barang perhiasan
f.
pasar
bahan bangunan
g.
bursa
efek dan saham, dll
Aktivitas
usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok,
yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai
peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.
STRUKTUR PASAR
Struktur
Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar
berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan
dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan
iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan struktur pasar menjadi
4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli, Persaingan
Monopolistis, dan Pasar Oligopoli:
Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang
paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan
menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi
(optimal) efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan sempuma.
Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri
yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni,
yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori. Yang ada
adalah yang mendekati ciri-cirinya, yaitu struktur pasar dari berbagai kegiatan
disektor pertanian. Namun demikian, walaupun pasar persaingan sempurna yang murni
tidak wujud di dalam praktek.
Pasar persaingan sempurna
dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak
penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat
mempengaruhi keadaan di pasar.
CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Ø
Setiap perusahaan adalah “pengambil harga”
Artinya suatu
perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau merubah harga
pasar. Adapun perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke
atas harga pasar yang berlaku. Harga
barang di pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan
keseluruhan pembeli.
Ø Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Artinya sekiranya perusahaan mengalami kerugian,
dan ingin meninggalkan industri tersebut, langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin
melakukan kegiatan di industri tersebut. Produsen tersebut dapat dengan
mudah melakukan kegiatan tersebut.
Ø Setiap perusahaan menghasilkan barang yang
sama
Artinya bahwa barang yang dihasilkan berbagai
perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Pembeli tidak dapat membedakan
yang mana dihasilkan oleh produsen A atau B.
Ø
Banyak perusahaan dalam pasar
Artinya karena
jumlah perusahan sangat banyak dan relatif kecil jika dibandingkan dengan
jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan kenaikan atau penurunan
harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar tersebut.
Ø
Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna
tentang keadaan di pasar
Artinya bahwa
pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas
harga tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga
yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar.
Beberapa kelemahan / keburukan persaingan sempurna
yaitu :
·
Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
·
Persaingan
sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
·
Membatasi pilihan konsumen
·
Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin
lebih tinggi
·
Distribusi pendapatan tidak selalu merata
PERMINTAAN DAN
HASIL JUALAN
Dalam menganalisis
usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, dua hal harus diperhatikan
:
·
Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
·
Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan
itu
Sifat biaya produksi yang
dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan, walau dalam struktur pasar
manapun ia digolongkan. Sesuatu perusahaan itu berada dalam pasar persaingan
sempurna, atau monopoli, atau oligopoli, atau persaingan monopolistis. Sifat
dan hasil penjualan adalah berbeda di antara pasar persaingan sempurna dengan
struktur pasar lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau dari sudut
seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen di
pasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi seorang
produsen di pasar lainnya.
PERMINTAAN PASAR DAN PERUSAHAAN
Setiap
perusahaan adalah pengambil harga, yaitu sesuatu perusahaan tidak mempunyai
kekuasaan untuk menentukan harga. Interaksi seluruh produsen dan seluruh pembeli
di pasar yang akan menentukan harga pasar, dan seorang produsen hanya
"menerima" saja harga yang sudah ditentukan tersebut. Ini berarti
berapa banyakpun barang yang diproduksikan dan dijual oleh produsen, ia adak
akan dapat mengubah harga yang ditentukan di pasar, karena jumlah yang diproduksikan
itu hanya sebagian kecil saja dari jumlah yang diperjual belikan di pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar